5 Makhluk Mitologi ini ada di Indonesia, mitos atau memang beneran ada?

5 Makhluk Mitologi ini ada di Indonesia, mitos atau memang beneran ada?

JanganBingung.com - Indonesia, Negara kita tercinta memang kaya akan budaya dan ritual, dari sekian banyak budaya disitu juga kalian akan menemukan banyak makhluk-makhluk Mitologi yang memang sudah menjadi simbol dari budaya tersebut, ataupun bisa saja hanya sekedar percaya dengan keadaan makhluk mitologi itu.

Jika kalian tidak mengenal makhluk dan ritual dari salah satu budaya di Indonesia, maka jika membaca tentang itu kalian akan dibuat ketakutan, ya memang kebanyakan makhluk mitologi memiliki sosok yang aneh bahkan menyeramkan, berikut ini 5 Makhluk Mitologi yang ada di Indonesia :

1. LEAK
[Copyright]Hipwee.com[Copyright]
Nama Leak sudah sangat akrab di masyarakat Bali, makhluk mitologi yang satu ini sering muncul dalam kisah-kisah masyarakat Bali, Leak ini digambarkan oleh masyarakat Bali sebagai penguasa Roh-Roh jahat.

Menurut masyarakat Bali sendiri Leak adalah manusia yang berusaha berkecimpung dengan ilmu hitam, saat dunia masih digandrungi matahari maka orang tersebut hanya tampak seperti manusia biasa, namun ketika malam hari, kepala bersama isi perutnya memisahkan diri dengan perut, untuk mencari bayi yang akan dimangsa.

2. Ebu Gogo
[Copyright]Hipwee.com[Copyright]
Ebu Gogo merupakan sebuah makhluk mitologi yang memiliki bulu tipis di sekujur tubuhnya dan mempunyai ukuran tinggi badan kurang dari 1 meter, makhluk mitologi ini dipercayai hidup di pulau flores.

Arti dari nama Ebu Gogo itu sendiri antaralain Ebu adalah nenek dan Gogo adalah pemakan Segala, jadi arti dari nama ebu Gogo itu adalah Nenek Pemakan Segala. Menurut masyarakat Flores, Ebu Gogo ini memiliki sifat yang jahat dan rakus, karenanya ia juga sering memangsa bayi manusia untuk dimakan.

3. AHOOL
[Copyright]Hipwee.com[Copyright]
Makhluk mitologi yang satu ini dikenal banyak oleh masyarakat Jawa Barat, Ahool makhluk mitologi yang memiliki bentuk seperti kelalawar tetapi memiliki ukuran tubuh yang luar biasa besar, Jika Ahool membentangkan sayapnya, maka ukurannya akan mencapai 12 kaki.

Oleh masyarakat sekitar Ahool diperkirakan hidup di Lereng gunung salak, yang memang jarang ada orang yang menginjak tempat tersebut. Dinamakan Ahool oleh masyarakat Jawa barat, karena makhluk mitologi ini sering bersuara "Ahoolll" dengan panjang dan sangat mengganggu telinga.

4. GARUDA
[Copyright]Hipwee.com[Copyright]
Hampir seluruh masyarakat Indonesia menganalisis Garuda, karna sudah jelas Makhluk Mitologi ini disimbolkan sebagai lambang pancasila, Garuda sendiri sebenernya merupakan sebuah kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran Hindu.

Digambarkan Garuda ini memiliki fisik seperti berkepala elang dan bertubuh layaknya manusia, dengan tubuh berwarna emas, kepala yang berwarna putih, dan sayap berwarna merah, disebut-sebut Garuda ini memiliki makna yang Gagah dan perkasa.

Untuk ukuran tubuhnya sendiri, disebutkan bahwa Garuda memiliki ukuran yang luar biasa besar dan dikatakan ia dapat menghalangi matahari ketika sedang berdiri ataupun terbang.

5. CINDAKU
[Copyright]Hipwee.com[Copyright]
Cindaku merupakan makhluk mitologi yang banyak dikenal oleh masyarakat Kerinci, cindaku ini memiliki bentuk seperti manusia harimau yang gagah dan mengerikan.

Bagi masyarakat Kerinci sendiri memiliki hubungan yang erat dengan kebudayaan mereka, Disebut-sebut cindaku ini merupakan sebuah manusia yang memiliki ilmu yang sangat tinggi, saking saktinya orang tersebut bisa berubah menjadi manusia harimau, yang memiliki tugas untuk mengharmoniskan hubungan antara Manusia dan Harimau.

Bagaimana menurut kalian akan makhluk mitologi ini?? Percaya atau tidak itu hak kalian masing-masing. Akhir kata cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, untuk keseluruhan saya ucapkan Terima Kasih.