Ini Alasan kenapa kamu jangan memakai Domain Gratis dari Freenom

Ini Alasan kenapa kamu jangan memakai Domain Gratis dari Freenom

Hallo Teman-teman.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kenapa kamu jangan pernah menggunakan domain Gratis dari Freenom, jika kalian ingin tau kenapa alasannya baca artikel ini sampai selesai yah.

PENJELASAN
Freenom merupakan sebuah Website penyedia Domain Gratis dan Domain Berbayar, Freenom telah memiliki jutaan member yang telah mendaftar untuk mendapatkan domain gratisnya, memang hal ini sangatlah menarik perhatian untuk orang yang baru terjun ke dunia blogger dan baru sedikit paham tentang arti domain.

Perlu kalian ketahui Domain gratis yang ada di Freenom bukankan Domain TLD melainkan Domain ccTLD lalu apa bedanya sih domain TLD dan domain ccTLD, oke silahkan disimak :
[Copyright]cmdsonline.com[Copyright]

TLD (Top Level Domain)
Top Level Domain atau lebih dikenal sebagai TLD merupakan sebuah jenis domain yang bersifat Universal atau dunia, Domain TLD ini biasanya lebih mensupport dan menguatkan kekuatan mesin telusur dan tentu saja dapat diakses oleh IP negara manapun dengan speed loading yang sama, contoh domain : .com, .net, .org, .tv, .biz
[Copyright]domaingyan.com[Copyright]

ccTLD (Country Code Top Level Domain)
Country Code Top Level Domain atau disingkat menjadi ccTLD merupakan sebuah jenis domain yang bersifat kenegaraan atau domain khusus negara, biasanya domain ini dipakai oleh perusahaan bisnis lokal negara tersebut yang memfokuskan pada 1 negara saja, tanpa memperdulikan pengunjung dari negara lain, contoh domain : .id, .tk, .my, .ga, .ml, .gq

DOMAIN NEGARA GRATIS DI FREENOM
Pada dasarnya Freenom menyediakan 5 Domain gratis yang bisa kalian dapatkan kapan saja, domain itu diantaranya :
.TK (Negara Tokelau)
.Ga (Negara Gabon)
.Gq (Negara Gana/Guinea)
.Ml (Negara Mali)
.CF (Negara Republik Afrika Tengah)
Apa sekarang kalian sudah mengetahui asal dari domain tersebut?? Apa kalian masih ingin membuat blog berdomain negara diatas tetapi dengan konten berbahasa Indonesia?? Ketahuilah bahwa Freenom menyediakan domain gratis yang bermaksud hanya untuk diakses oleh ke5 negara di atas, dan sayangnya Freenom membebaskan kepada semua orang dari negara manapun untuk mengaksesnya.

Satu lagi kesalahan dari kalian blogger Indonesia yang menggunakan domain gratis dari Freenom adalah, tidak memikirkannya pembayaran di tahun selanjutnya. Sekarang apa kalian rela membayar untuk domain negara lain? Jika tidak, itulah kesalahan kalian memilih domain gratis dari Freenom.

KERUGIAN UNTUK BLOGGER INDONESIA
1. Penurunan Trafik dan SEO blog di tahun selanjutnya
Jika kalian para blogger Indonesia memilih domain gratis dari Freenom saat baru membuat blog maka ditahun selanjutnya kalian harus membayar domain tersebut dengan harga yang sudah ditentukan. Jika kalian memang ingin menggunakan domain negara lain di negara Indonesia ya tentu saja kerugian ini tidak akan terjadi. Tetapi jika kalian tidak memilihnya terpaksa kalian harus kembali ke domain asal subdomain dari blogspot/wordpress, maka dengan perubahan URL itu trafik dan SEO blog kalian akan menurun derasti

2. Merusak blog Bisnis
Jika membuat blog untuk bisnis dan bersungguh-sungguh, jangan pernah untuk menggunakan domain gratis dari Freenom, karna ini akan merusak bisnis kalian dalam waktu dekat, ditambah lagi blog kalian akan sulit diakui sebagai blog bisnis di Indonesia.

3. Sulit menemukan Partner blog besar indonesia
Jika kalian ingin menaikan reputasi blog, berpartner dengan blog besar merupakan salah satu cara terbaik, tetapi ketahuilah bahwa Blog besar indonesia tidak akan menerima blog berdomain ccTLD selain domain .id.

SEBELUM PENUTUP
Jika saya disuruh memilih menggunakan domain Sub dari blogspot atau wordpress atau menggunakan domain ccTLD gratis dari Freenom, tentu saja saya akan memilih domain Sub dari Blogspot/Wordpress, karna itu adalah domain default yang tentu saja tidak akan mengurangi kekuatan SEO dan trafik saat di Upgrade menjadi domain TLD, untuk kalian yang baru saja menggunakan domain gratis dari Freenom sebaiknya kalian copot domain tersebut dan kembali menggunakan subdomain dari blogspot/wordpress dari sekarang, jika memang kalian serius mengelola blog tersebut.

PENUTUP
Akhir kata cukup sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terus kunjungi janganbingung.com dan temukan artikel menarik lainnya, Terima Kasih.