Pelanggan Telkomsel tertipu hingga Rp.10,9 Juta, mau tau kenapa?

Pelanggan Telkomsel tertipu hingga Rp.10,9 Juta, mau tau kenapa?

JanganBingung.com - Seorang pelanggan Jaringan Selular Telkomsel bernama Haryanto mengalami kejadian yang sangat tidak di inginkan, Haryanto ditipu oleh orang tidak dikenal yang memanfaatkan Nomor Pascabayar nya untuk membeli paket data internet berkali-kali ke beberapa nomor telpon, Karna kejadian itu Haryanto memiliki tagihan sebesar Rp.10,9 Juta.

Modus yang dilakukan untuk menipu haryanto dengan menelponnya dan berpura-pura menjadi Oprator Telkomsel pada 13 Januari 2018 Pukul 22.00, Papar Haryanto, ditengah pembicaraan Orang itu sering sekali berbincang dengan rekannya, selain itu dikejauhan ada suara ketikan dari keyboard komputer.

Melalui telpon, orang tersebut menjanjikan pengembalian uanv Cashback sebesar Rp. 2Juta kepada Haryanto, ia memaparkan bahwa Haryanto berhak mendapatkan hadiah tersebut karna sudah menjadi pelanggan Telkomsel selama lebih dari 1 Tahun. Dengan syarat, Haryanto wajib memberitahukan Code unik yang berisikan 4 nomor Digit yang akan dikirim ke nomor telponnya.

"Saat awal saya tidak percaya tetapi dia bilang saya akan mendapatkan kode dari SMS, ternyata benar, selang beberapa detik saya mendapatkan SMS dari TSEL-APPS" Tutur Haryanto saat diwawancarai Tempo.co

Setelah mendapatkan Kode TSEL-APPS orang tersebut kembali menyuruh Haryanto untuk memberitahu kode yang dikirim, Haryanto mengaku mendapatkan 47 Pesan berupa Kode dari TSEL-APPS secara berulang-ulang, lalu orang itu menanyakan kode yang ada didalam 47 Pesan itu, tanpa curiga Haryanto pun langsung mengucapkannya.

Ternyata Kode tersebut merupakan sandi untuk bisa menkonfirmasi pembelian internet melalui aplikasi My Telkomsel Orang yang mengaku sebagai operator seluler tersebut diduga awalnya memasukkan nomor telepon Haryanto ke aplikasi untuk membeli paket internet. Kemudian secara otomatis kode rahasia tersebut terkirim ke nomor Haryanto.

Setelah 1 Jam berbincang, Haryanto baru menyadari bahwa hal ini merupakan sebuah Penipuan setelah si penipu membentak-bentak Haryanto. "Di Akhir-akhir iya membentak-bentak, 'Pak cepat dong pak sebutkan angkanya'," Ucap Haryanto Sabil mempraktekan nada suara orang tersebut. "Saya heran ko orang Telkomsel membentak-bentak seperti itu" Lanjut ucapannya.

Haryanto disebutkan membeli paket internet dengan besaran yang bervariasi, dari 9Gb seharga Rp.90 ribu hingga 29Gb dengan harga Rp 230 ribu. Paket data yang telah dibeli tersebut dikirim ke beberapa nomor telepon yang tidak dikenal.

Haryanto mengatakan, orang yang mengaku petugas operator seluler tersebut tidak bisa dihubungi lagi setelah itu. Usai sadar dirinya ditipu, Haryanto kemudian langsung menghubungi pihak kartu kredit untuk menutup akun. Selanjutnya ia langsung menghubungi pihak Telkomsel dan menjelaskan duduk perkara yang ia alami.

My Telkomsel Promo Banner
Telkomsel kemudian membenarkan bahwa ada  pembelian paket internet sebanyak 47 kali melalui aplikasi MyTelkomsel. Pihak Telkomsel menyatakan Haryanto mengalami penipuan. Ia kemudian kaget ketika operator Telkomsel mengatakan tagihan teleponnya saat itu mencapai Rp.10,9 juta.

Pihak Telkomsel akhirnya menyarankan Haryanto untuk melaporkan kejadian yang ia alami ke kepolisian. Haryanto pun pukul 01.00 dini hari itu juga datang Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta Selatan. Namun laporan Haryanto ditolak karena dia diharuskan membawa bukti tagihan pembelian data internet.

Keesokan harinya Haryanto datang ke kantor pelayanan Telkomsel. Di sana, pihak Telkomsel mengatakan tagihan sebesar Rp.10,9 juta yang dibebankan kepadanya tidak bisa dicabut.

Haryanto mengatakan, pihak Telkomsel memberikan solusiagar nomor pascabayar Haryanto diblokir. Selain itu ia bisa membayar tagihan melalui tiga kali cicilan denganbatas waktu tiga bulan.  Pihak Telkomsel juga mencetak bukti tagihan untuk nantinya diserahkan ke kepolisian.

Akhir kata cukup sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, untuk keseluruhan saya ucapkan Terima Kasih.

Sumber Berita : Tempo.co