Sudah sampai manakah, Database IMEI bisa menjegal Ponsel Ilegal?

Sudah sampai manakah, Database IMEI bisa menjegal Ponsel Ilegal?

JanganBingung.com - kementrian Perindustrian (Kemenperin) memilih Qualcomm guna membantu membuat database nomor identitas asli ponsel, lalu sejauh mana perkembangan Kemenperin berkolaborasi dengan IMEI?

Dikutip dari DetikINET "Masih on progress. Persiapannya sedikit lama, karena harus menyiapkan software, hardware dan sebagainya, tapi masih berjalan sesuai jadwal," kata Nies Purwati, Director Goverment Affair Southeast Asia and Pasific Qualcomm di Jakarta.

Seperti yang diketahui, membuat database IMEI dapat menanggulangi peredaran ponsel ilegal di Indonesia, karna dari 60 Juta unit ponsel baru yang dijual dipasaran, ada sekitar 20% atau sekitar 12 juta unit ponsel berstatus ilegal.
[Copyright]Telegmobile.ir[Copyright]
"Dengan pengolahan IMEI bersama Qualcomm, nanti ditindaklanjuti oleh Kominfo, sehingga pengolahan data yang ada dapat dimanfaatkan untuk pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Sehingga peredaran produk ilegal dapat ditangani," kata Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, beberapa waktu lalu.

Pada kenyataannya memang membedakan antara Ponsel Legal dan Ponsel Ilegal itu sangatlah sulit, karna ketika kita lihat tidak ada perbedaan sama sekali diantara ponsel legal dan ponsel ilegal.

Namun dengan ini kalian bisa mengecek di kardus maupun didalam ponsel tersebut apa ada tulisan "Made Ini Indonesia" atau tidak.

Selain daripada cara diatas, kalian juga bisa mengecek IMEI melalui situs resmi Kementrian Perindustrian, disana kalian bisa melihat apakah ponsel yang kalian gunakan legal atau ilegal

Akhir kata cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, untuk keseluruhan saya ucapkan Terima Kasih.