Fenomena Batu Bersusun Ditemukan di Sukabumi dan Ngawi

Fenomena Batu Bersusun Ditemukan di Sukabumi dan Ngawi

JanganBingung.com - Tumpukan batuan yang tersusun rapi di atas Sungai Cibojong, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi menggegerkan warga Jawa Barat. Kejadian tersebut berawal dari sebuah video yang diunggah ke YouTube. Video tersebut pun menjadi viral.

Fenomena Batu Bersusun Ditemukan di Sukabumi dan Ngawi | Foto : Facebook
JanganBingung.com pun menelusuri info tersebut ke search engine Google. Seperti yang diberitakan oleh Tempo, susunan batuan tersebut pertama kali ditemukan pada Kamis pagi, 1 Februari 2018, oleh warga Pasirdoton yang akan berangkat ke sawah. Mereka menemukan puluhan batu yang tersusun rapi. Warga pun mempercayai bahwa batuan tersebut tidak disusun manusia.

Sementara itu, Kepala Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Edi Hidayat percaya hal yang sebaliknya. "Menurut saya, itu disusun manusia," kata Edi, ketika dihubungi Tempo, Jumat, 2 Februari 2018. Edi merupakan peneliti geologi di LIPI.

"Arus sungai tidak mungkin bisa mengangkut dan menyusun batu seperti itu. Menurut perhitungan, satu orang saja bisa menyusun batuan rapi seperti itu dalam waktu sepuluh menit" imbuh Edi.

Penemuan batu tersebut pun dihancurkan karena dianggap berbau mistis. Lain halnya di Sukabumi, fenomena batuan yang tersusun rapi juga ditemukan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.


Di Ngawi, kegiatan menumpuk batu dilestarikan sebagai seni budaya sejak dua tahun terakhir oleh pemuda desa yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis. Kegiatan tersebut dilakukan di obyek wisata dan bumi perkemahan seloondo yang terletak di Dusun Gagar Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo.