Kesepian Sama Dengan Merokok 15 Batang Setiap Harinya, masa sih?

Kesepian Sama Dengan Merokok 15 Batang Setiap Harinya, masa sih?

Janganbingung.com - Ternyata dampak kesepian dapat membunuh anda secara perlahan.

Berdasakan hasil penelitian dari Bringham Young University di amerika serikat, mereka menanggapi kurangnya keberadaan teman atau pasangan dapat membahayakan kesehatan anda seperti halnya merokok 15 batang setiap harinya.

Seperti dikutip dari Daily Express, kesepian yang dimaksud adalah kondisi saat batin seseorang terisolasi secara sosial. “Meskipun sebenarnya dia dikelilingi oleh banyak orang, tetap saja merasa kesepian karena tidak adanya orang yang ia sayangi,” ujar Julianne Holt Lustand, pemimpin dari riset tersebut.

"aduhh awas tuh guys jgn sampe kaya gitu tuh meskipun kalian gak ngerokok tapi dampaknya sama dengan seorang perokok, apalg yg perokok makin double aja tuh haha.."

nahh guys gimana sih cara untuk terhindar dari hal tersebut, agar kesehatan kita selalu terjaga, berikut rangkuman ulasannya..

1. Cari tahu apa sebabnya Anda merasa kesepian.
Sediakan waktu untuk mencari tahu mengapa Anda merasa kesepian agar Anda bisa mengubah keadaan ini. 

Sebagai contoh, kita umpamakan Anda menganggap bahwa Anda kesepian karena kurang banyak teman sehingga Anda berusaha mencari lebih banyak teman.
Akan tetapi, mungkin saja Anda tetap kesepian meskipun sudah banyak teman baru sebab kesepian ini timbul karena banyak teman tanpa hubungan yang akrab. Agar bisa menentukan apa sebabnya Anda merasa kesepian, coba ajukan beberapa pertanyaan berikut kepada diri sendiri:
  • Kapan Anda merasa sangat kesepian?
  • Apakah ada orang-orang tertentu yang membuat Anda merasa makin kesepian  pada saat             Anda sedang bersama mereka?
  • Sudah berapa lama Anda merasa seperti ini?
  • Apa yang ingin Anda lakukan jika sedang kesepian?
jika sudah jawablah pertanyaan tersebut lalu introspeksi dan olah kembali diri anda kembali..



2. Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. 
Kesepian adalah hal yang wajar bagi setiap manusia, tetapi kondisi ini bisa membuat Anda merasa seperti orang yang tidak normal. Cobalah menghubungi teman atau anggota keluarga yang bisa Anda ajak bicara tentang masalah ini. Selain bercerita tentang apa yang Anda rasakan, tanyakan juga apakah mereka pernah mengalami hal yang sama. Dengan menghubungi orang lain dan membagikan pengalaman, Anda tidak akan merasa sendirian.
  • Anda bisa mengatakan, “Akhir-akhir ini aku suka merasa kesepian dan penasaran apakah kamu juga pernah merasakan hal yang sama”.
  • Jika tidak ada teman atau anggota keluarga yang bisa Anda ajak mengobrol, cobalah menghubungi guru Anda, menemui konselor, atau pembimbing rohani

3. Lakukan sesuatu untuk orang lain.
Semakin anda berpikir tentang diri anda, semakin besar kemungkinan untuk anda merasa kesepian. Sebagai contoh, anda mungkin berpikir bahwa tidak ada yang suka atau peduli tentang anda.

Jadi, penting untuk anda mengalihkan perhatian dari diri anda sendiri, dengan cara melakukan sesuatu untuk orang lain. Tidak harus melakukan sesuatu yang besar, cukup melakukan hal kecil seperti tersenyum pada tetangga atau kolega. Atau, jika anda percaya dalam doa, anda dapat berdoa bagi mereka. Sebutkan nama-nama mereka dan berdoalah untuk kebutuhan mereka. Ini cukup sederhana, tetapi dapat melakukan keajaiban bagi diri sendiri dan orang lain.
4. Bergabung dengan komunitas.
Sangat penting untuk anda menjadi bagian dari suatu komunitas di mana orang-orang peduli satu sama lain. Anda tidak cukup hanya memiliki sebuah komunitas online, anda juga harus memiliki komunitas nyata. Ini bisa jadi komunitas terkait hobi, sebuah organisasi sosial, atau apa pun yang sesuai dengan minat anda.

Jika anda memiliki seorang teman yang sudah menjadi bagian dari komunitas, mintalah mereka untuk memperkenalkannya pada anda. Jika tidak, anda perlu datang kepada mereka untuk memperkenalkan diri anda, namun memang membutuhkan sedikit keberanian. Miliki pandangan positif terhadap diri anda sendiri dan orang lain, maka anda akan berhasil.
5. Cobalah memelihara hewan. 
Jika Anda menghadapi masalah karena tidak punya teman, ada baiknya Anda memelihara anjing atau kucing dari penampungan hewan. Sejak jaman dahulu, hewan peliharaan dianggap sebagai teman yang baik untuk tinggal di dalam rumah. Adanya rasa percaya dan kasih sayang dari hewan peliharaan juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

·         Jadilah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Pastikan agar hewan peliharaan Anda sudah disterilkan atau dikebiri dan peliharalah hewan jika Anda sudah benar-benar siap melakukan tugas sehari-hari untuk merawatnya.

Nahhhh semoga saran dan tips nya bermanfaat ya guys, lebih tau lebih banyak ilmu, JANGAN BINGUNG ya, Thankyou..