BLANTERVIO103

HACKER SEKOP !! Julukan Nenek Pemutus Kabel Optik Yang Memutuskan Jaringan Internet Dua Negara

HACKER SEKOP !! Julukan Nenek Pemutus Kabel Optik Yang Memutuskan Jaringan Internet Dua Negara
15 December 2018
JanganBingung.com - Jaringan Internet yang melayani Armenia pernah putus dan lumpuh total untuk beberapa jam. Bukan hanya penghianat internet personal, tapi sambungan internet korporasi pun terkena dampaknya.

Ini terjadi bukan ulah para peretas, melainkan ulah seorang nenek berusia 75 tahun. Nenek ini bernama Hayastan Shakarian, seorang pensiunan yang tinggal di kawasan miskin.

Peristiwa ini terjadi pada tahun 2011 lalu ini bermula saat nenek Shakiran tengah mencari tembaga untuk dijual sebagai barang rongsokan. Saat melihat potongan tembaga Shakiran pun langsung menggali dan menghujamkan sekopnya berkali-kali, tanpa di duga sekop yang digunakannya untuk menggali tembaga itu mengenai saluran kabel serat optik yang merupakan kabel utama pemasok sambungan internet di Georgia dan Armenia.

Padahal sambungan itu yang bertanggung jawab atas 90% koneksi internet di Armenia. Para pengguna internet di negara berpenduduk 3,2 juta orang itu kehilangan akses internet. Lantaran koneksi dari provider internet utama dari negara itu ArmenTel, FiberNet communication, dan GNC-Alfa terputus. Tak hanya itu, sebagaimana besar wilayah Georgia dan beberapa wilayah Azerbaijan juga terkena dampaknya.

Kerusakan itu berhasil di deteksi oleh sistem yang memantau sambungan serat  optik dari Eropa Barat dan tim keamanan segera dikirim ke tempat itu. Akibat ulahnya Nenek Shakiran dituntut telah melakukan perusakan terhadap properti dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara. Media lokal setempat menjuluki nenek ini sebagai "Hacker Sekop".
Share This Article :
Unknown

TAMBAHKAN KOMENTAR

7441261847952770074