Update : Channel Art YouTube Cover PSD FreeCheck Now! Harga diskon Template: 50% hanya bulan ini!

Labels

Karam 2.500 Tahun Lalu Ahir nya Kapal Misterius Heredutos Ditemukan - Responsive Blogger Template

Karam 2.500 Tahun Lalu Ahir nya Kapal Misterius Heredutos Ditemukan

Kapal misterius

www.janganbingung.com - Sekitar tahun 450 SM, penulis Yunani Herodotus melakukan perjalanan ke Mesir yang kemudian menuliskan perjalanannya itu termasuk dalam karyanya yang terkenal The Histories yang berfokus pada tongkang sungai "kapal misterius" yang menurutnya digunakan oleh orang Mesir untuk mengangkut barang di Sungai Nil.

Herodotus menggambarkan bahwa kapal ini memiliki kemudi tunggal yang melewati lubang di tunas, tiang kayu terbuat dari akasia dan layar berbahan papirus. Tetapi selama berabad-abad para peneliti tidak dapat menemukan bukti bahwa kapal semcam itu yang diceritakan oleh Herodotus, ada.
Hingga pada akhirnya sebuah tim peneliti menyelidiki sebuah reruntuhan yang tenggelam di bekas pelabuhan kuno Thonis-Heracleion yang terletak dilepas pantai Alexandria, Mesir telah menemukan lebih dari 70 kapal karam dan salah satu dari bangkai kapal kuno tersebut, menurut para arkeolog adalah kapal yang terpelihara dengan baik yang sama persis dengan yang diceritakan oleh Herodotus tentang "baris" tersebut.

Di sebut Kapal 17, pada awalnya berukuran hingga 28 meter dengan lambung berbentuk bulan sabit (70 persen darinya selamat) dan papan tebal dari kayu akasia yang disatukan dengan iga kayu panjang atau duri.
"Herodotus, menggambarkan perahu-perahu itu memiliki tulang rusuk internal yang panjang dan tidak ada yang tahu tentang artinya,". Menurut Damian Robinson, direktur Oxford Center for Maritime Archaelogy mengatakan bahwa, "Struktur itu belum pernah dilihat secara arkeologis sebelumnya. Kemudian kami menemukan bentuk kontruksi di kapal khusus ini dan itu benar-benar adalah apa yang dikatakan oleh Herodotus.".

Sebelum Alexandria didirikan pada tahun 331 SM, Thonis-Heracleion adalah salah satu kota pelabuhan besar di dunia. Banyak kapal berlabuh dipelabuhan ini termasuk kapal-kapal dari Yunani. Pelabuhan yang dibangun disekitar kuil besar untuk dewa Amun-Gereb ini menyerupai Kota Venesia, Italia dengan jaringan kanal yang rumit.

Tetapi efek dari serangkaian bencana alam menyebabkan pulau pusat kota mencair menjelang abad ke-2 M dan pada akhir abad ke-8 sisa-sisa terakhir Thonis-Heracleion telah tenggelam sepenuhnya ke laut Mediterania.
Pada tahun 2000, sebuah tim dari Insitute Eropa untuk Arkeologi Bawah Air yang dipimpin oleh arkeolog Perancis, Franck Goddio, menemukan puing-puing kapal misterius di Teluk Abu Qir, sekitar 6,5 kilometer di lepas pantai Alexandria. Selain bangkai kapal, penggalian bawah laut ini juga telah menemukan koin emas, patung dan sisa-sisa Candi Agung Kota.

Spesialis arkeologi dan kapal karam, Alexander Belov yang bekerja dengan Goddiopada penggalian, baru-baru ini menerbitkan sebuah buku yang menguraikan temuan tim. Di kapal 17: a Baris dari Thonis-Heracleion, Belov menempatkan kapal dalam tradisi pembangunan kapal mesir dan Metiterania Kuno dan melacak banyak kesamaan antara arsitektur bahari bangkai kapal dan deskripsi Herodotus tentang kontruksi Baris.


Sumber referensi : History,com
Tags


Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe now

Signup now to my exclusive newsletter