BLANTERVIO103

Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima Diperusahaan Yang diinginkan

Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima Diperusahaan Yang diinginkan
05 May 2019
Contoh Surat Lamaran Kerja -  Berhubung banyak sekali dari sobat janganbingung di luar sana yang masih gagal paham tentang bagaimana cara membuat cover letter yang benar, sesuai dengan kaidah EYD dan aturan tak tertulis dalam penyusunan surat lamaran kerja tentu nya. Maka kali ini admin janganbingung.com , membagikan tips trik rahasia nya disertai dengan contoh agar mudah dipahami.

contoh surat lamaran kerja

Mindset salah kaprah yang sangat sering admin temukan, dimana kebanyakan pencaker beranggapan bahwa surat lamaran kerja itu sebenar nya tidak terlalu penting. Bagi mereka,yang paling penting sekaligus paling menentukan keterima atau tidak nya ia adalah proses pada saat tes, Sehingga apa yang mereka lakukan adalah '' surat lamaran dibikin asal'' tanpa memahami format yang benar. Dan hasil nya ? 'tidak lulus verifikasi berkas'.
Ingat !!......, Mereka ( si pembuka loker) , bisa mengetahui kualitas dari pelamar hanya dengan melihat isi dari surat lamaran saja.

Contoh Surat Lamaran kerja  untuk Umum
Untuk yang pertama ini, penulis sengaja memberikan contoh surat sederhana agar lebih mudah dipahami. Anggap saja saat ini sobat hendak mendaftar di PT. Steel pipe Industry Of Indonesia tbk, yang berlokasi di Surabaya jatim. Maka Surat lamaran nya sebagai berikut :


Surabaya, 5 mei 2019
Kepada Yth. Bpk Sulaiman
Kepala bagian Personalia PT. Steel pipe Industry Of Indonesia tbk 
Jl. Kalibutuh 189-191 Surabaya 60173 Jawa Timur

Dengan Hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapat dari situs www.spindo,co.id sebagai website resmi PT. Steel pipe Industry Of Indonesia tbk. Bahwasanya saat ini perusahaan sedang membutuhkan pegawai baru untuk posisi 

Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Cleaning Service di PT. Spindo. Adapun data diri saya sebagai berikut: 

N a m a : Ardina Wanda Putri
Alamat : tulis alamat lengkap
Tempat dan Tanggal Lahir : Malang, 4 Juli 1995
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
No Telp : bisa diganti dengan nomor hp


Dan sebagai bahan untuk pertimbangan, saya melampirkan:
  • Pas foto 4 x 6 2 lembar
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
  • Foto Copy Surat Ijin Mengemudi
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Foto Copy Ijazah Terakhir
  • Sertifikat kursus mengepel ( contoh saja)
Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak / Ibu pimpinan berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya
(Ardina Wanda Putri)

# Pembahasan :

  1. Aturan penulisan 'dear atau kepada ' : yang perlu sobat ingat, pada saat pembuatan cover letter atau surat lamaran pekerjaan, hal pertama yang harus sobat perhatikan adalah pembuatan dear atau kepada ( lihat contoh surat diatas : Kepada Yth. Bpk Sulaiman ) itu sobat usahakan untuk menyebutkan nama orang nya, karena dengan melakukan penyebutan nama akan terlihat lebih personal ( ingat lho, ambil hati nya. ini langkah awal ) .
  2. Cantum kan posisi yang dilamar : Biasa nya jika yang sedang membuka lowongan pekerjaan itu sudah sekelas perusahaan maka biasa nya posisi loker yang dibuka itu banyak bukan cuma 1 saja. Nah kalau bisa jangan tambah bikin repot bagian personalia/ HRD nya dengan tidak menulis posisi yang dilamar. 
  3. Lampiran : untuk lampiran wajib seperti nya tidak perlu dibahas lagi ya karena semua nya pasti sudah paham. Admin hanya akan sedikit menambahkan, jika selama ini sobat pernah mengikuti les atau kursus apapun jenis kursus itu maka masukan sertifikat nya di bagian lampiran, karena hal tersebut bisa menjadi pertimbangan juga. Apalagi jika kursus yang pernah sobat ikuti itu relevan dengan posisi yang akan diambil. 70 % deh, lamaran mu bakal nongkrong di tumpukan paling atas.

Contoh Surat Lamaran Kerja di perusahaan dengan format narasi
Format sebuah surat lamaran tidak selalu berbentuk korps seperti contoh diatas, terkadang ada juga beberapa pencaker menggunakan format narasi untuk lamaran nya, berikut contoh nya :


Surabaya, 5 mei 2019


Kepada Yth. Bpk Sulaiman
Kepala bagian Personalia PT. Steel pipe Industry Of Indonesia tbk 
Jl. Kalibutuh 189-191 Surabaya 60173 Jawa Timur

Dengan hormat,

Saya sangat mengharapkan adanya kemungkinan kesempatan dapat bekerja di PT Spindo . Dengan kemampuan dan pengalaman saya yang pernah bekerja di PT.Sinar laser sebagai staff  ahli bidang produksi selama 2 tahun dimana telah menangani berbagai proyek prestisius perusahaan, saya sangat yakin bahwa saya akan sanggup bekerja maksimal diperusahaan bapak/ibu jika nanti diberi kesempatan untuk mengabdikan kemampuan saya. Semoga hal hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan.

Saya belum menikah dan memiliki kesehatan yang prima, menyukai tantangan, dan bersedia bekerja keras, pendidikan saya selama masa studi empat tahun jurusan Manajemen di Universitas Indonesia dengan indeks prestasi 3,5 (standar 4), memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer Ms. Office (Ms Word dan Ms Excel), mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan pada tingkat tingkat Lower Intermediate dan kemampuan TOEFL dengan nilai 473, telah memberikan bekal pengetahuan bagi saya untuk melaksanakan pekerjaan yang diperlukan.

Saya sangat berharap Anda berkenan memberikan kesempatan kepada kepada saya untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang tersedia.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan kepada saya, saya haturkan terima kasih.


Hormat saya,



(Ardina Wanda Putri SE)

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:


  • Foto copy ijazah terakhir S1
  • Foto copy transkrip akademik
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Foto copy sertifikat komputer
  • Foto copy sertifikat Bahasa Inggris
  • Foto copy Sertifikat Diklat Perbankan dan Ekspor Impor
  • Foto copy KTP
  • Pas Photo ukuran 4 X 6 sebanyak 1 lembar
#Pembahasan

  1. Perbedaan mencolok dari format surat lamaran narasi ini adalah ada nya penjelasan secara ringkas namun lengkap tentang pengalaman kerja,pendidikan dll. Bisa dianggap sebagai mini CV nya sobat. dan disini keuntungan menggunakan format surat jenis narasi ini, perlu sobat ketahui ( sudah menjadi pengetahuan umum) bahwa ketika kita mengirimkan surat lamaran ke suatu perusahaan biasa nya hanya dibaca saja di bagian surat lamaran nya lalu kemudian jika terlihat tidak menarik langsung diletakan saja dimeja tanpa melihat CV kita dulu. Lalu bagaimana cara nya agar dia tertarik dan mau mengetahui CV kita lebih lanjut ? Jawaban nya ada di pembahasan Nomor 2 :
  2. Buat surat lamaran dengan menarasikan daftar riwayat hidup sobat dengan sedikit sombong ( + sedikit dilebih lebih kan tak masalah ) , maksut nya ? ..., contoh : sobat ceritakan saja  pengalaman kerja selama ini dengan boombastis, bilang saja pernah menangani proyek-proyek besar di perusahaan sebelum nya. Namun ingat ya, jangan pernah sekali kali berbohong tentang masalah tempat kerja.



Share This Article :
blog hiburan

TAMBAHKAN KOMENTAR

7441261847952770074