BLANTERVIO103

Biografi Singkat Ustadz Abdul Somad

Biografi Singkat Ustadz Abdul Somad
03 July 2019
Biografi Singkat Ustadz Abdul Somad - Siapa yang tak mengenal dengan Ustadz Abdul Somad atau sering dikenal dengan UAS ini? Tokoh dakwah yang saat ini menjadi sorotan, dan menjadi rujukan masalah bagi masyarakat. Salah satu media yang mengenalkan beliau adalah  Tafaqquh Video yang sekarang sudah mencapai 1.576.178 subscriber dan sudah mengupload 1.940 video (jumlah ini akan terus bertambah). Channel UAS ini berisikan video-video ceramah full, juga ada sesi tanya jawab yang memudahkan masyarakat untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

Selain di channel Tafaqquh Video channel youtube yang lain juga ikut menyebarkan video ceramah beliau, alhasil semakin bertambahnya orang yang mengenal beliau, semoga Ustadz Abdul Somad selalu sehat walafiat dalam keadaan iman islam, dipanjangkan umurnya agar bisa tetap berdakwah, aamiin.
Biografi Singkat Ustadz Abdul Somad

Dan berikut adalah profil singkat dari Ustadz Abdul Somad LC, MA

Profil Singkat Ustadz Abdul Somad LC MA

Ustadz kondang Abdul Somad, memiliki nama lengkap Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A. Beliau lahir pada tanggal 18 Mei 1977 di Silo Lama, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.

Ustadz Abdul Somad dilahirkan dari seorang ibu bernama Hajjah Rohana yang merupakan keturunan seorang pemuka agama yang besar dan terkenal di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Lebih dikenal sebagai Tuan Syekh Silau Laut I, kakek ustadz Abdul Somad memiliki nama asli Syekh Abdurrahman.

Ustadz Abdul Somad diketahui menikah pada tahun 2008 dengan seorang perempuan saleha. Beliau kemudian dikaruniai seorang putra saleh yang diberi nama Mesian Haziq Abdillah / Mizyan Haziq Abdillah.

Pendidikan Ustadz Abdul Somad LC, MA

Pendidikan Ustadz Abdul Somad LC, MA

Ustadz Abdul Somad yang merupakan keturunan pemuka agama yang besar, sedari kecil beliau sudah bersekolah di SD Al-Washliyah, sekolah dasar berbasis tahfiz Al-Quran. Setelah lulus dari sekolah dasar, beliau melanjutkan untuk menempuh di Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin Al Washliyah, Medan, dan tamat pada tahun 1993.

Beliau melanjutkan pendidikannya ke sebuah Pesantren bernama Darul Falah Deliserdang, Sumatra Utara untuk satu tahun, yang kemudian pindah ke Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu, Riau, dan selesai pada tahun 1996. Setelahnya beliau menempuh pendidikan tinggi di UIN Sultan Syarif Kasim Riau selama 2 tahun dari 1996 hingga 1998.

Pada tahun 1998, beliau mengikuti tes beasiswa yang diadakan oleh Pemerintah Mesir bagi 100 orang Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu Universitas Islam terkemuka dunia, yaitu Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Ustadz Abdul Somad menjadi bagian dari 100 orang terpilih dan melanjutkan kuliah hingga mendapat gelar Lc dalam waktu cukup singkat, 3 tahun 10 bulan.

Sekitar medio 2002, ustadz Abdul Somad memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi pada jenjang S2 di Universitas Kebangsaan Malaysia. Namun hanya bertahan 2 semester sebelum akhirnya, pada tahun 2004, beliau memilih untuk ikut tes beasiswa dari Kerajaan Maroko melalui AMCI untuk beasiswa S2 dan S3 di Institut Darul Hadits Al-Hassaniyah.

Ustadz Abdul Somad lagi-lagi terpilih menjadi bagian 20 orang penerima beasiswa dengan rincian 15 diantaranya adalah warga Maroko dan 5 orang sisanya merupakan warga Asing.

Pendidikan S2 di Institut Darul Hadits Al-Hassaniyah ditempuh Ustadz Abdul Somad dalam waktu singkat, yaitu 1 tahun 11 bulan. Maka di penghujung tahun 2006, beliau memperoleh gelar D.E.S.A (DiplĂ´me d’Etudes SupĂ©rieurs Approfondies).

Kegiatan Ustadz Abdul Somad

Dosen

Ustadz Abdul Somad di Youtube

Dalam biografi Ustadz Abdul Somad, beliau pernah bekerja menjadi Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, semenjak tahun 2009. Selain itu, beliau juga menjadi Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tersebut.

Beliau juga berkecimpung menjadi Dosen Agama Islam, di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru. Selain menjadi Dosen, Ustadz Abdul Somad juga aktif melakukan pengabdian di berbagai lembaga. Pada tahun 2009 hingga 2014, Ustadz Abdul Somad menjadi anggota MUI Provisi Riau sebagai komisi pengkajian dan keorganisasian.

Ustadz Abdul Somad juga menjadi Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau pada bidang komisi pengembangan tahun 2009 hingga 2014. Selain itu, beliau juga merupakan sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau pada periode yang sama yaitu 2009 hingga 2014.

Penceramah

Ustadz Abdul Somad aktif melakukan kegiatan dakwah agama Islam dan terkenal menjadi salah satu penceramah dan pemuka agama. Kajian ustadz Abdul Somad dimulai dari berbagai macam persoalan agama Islam khususnya ilmu hadis (jurusan yang diambil semasam kuliah) dan berbagai macam ulasan ilmu fikih.

Selain itu,ustadz Abdul Somad juga mengkaji berbagai permasalahan nasionalisme dan permasalahan terkini yang sedang viral dan menjadi perbincangan hangat masyarakat umum. Kecerdasan dan cara penyampaian yang lugas tetapi juga lucu, membuat ustadz Abdul Somad semakin digandrungi dan disukai oleh berbagai lapisan masyarakat umum.

Ustadz Abdul Somad tak hanya melakukan dakwah pada beberapa tempat seperti Masjid maupun hall room universitas. Beliau juga kerap melakukan dakwah melalui media youtube, media yang saat ini tengah ramai dan digandrungi oleh banyak orang. Dengan demikian, siaran dakwahnya dapat meluas ke berbagai pelosok negeri dengan bermodalkan smarthphone dan aplikasi youtube.

Kecanggihan teknologi membuat penyampaian dakwah Islam semakin masif, sehingga muslim dari berbagai daerah dapat dengan mudah mengakses dakwah yang diberikan Ustadz Abdul Somad. Ustadz kondang yang cerdas ini juga kerap melakukan live streaming pada saat tabligh akbar dan beberapa acara offline lainnya sehingga umat muslim dapat tetap mendengarkan secara online.

Penulis dan penerjemah (Arab-Indonesia)

Ustadz Abdul Somad di tengah kesibukannya sebagai dosen, penceramah, dan beberapa pengabdian, beliau juga menulis dan telah berhasil merilis buku best seller di kalangan muslim. Beberapa buku tersebut antara lain 47 masalah populer, 99 pertanyaan seputar sholat, dan 33 tanya jawab seputar qurban.

Keahliannya dalam bahasa arab membuat ustadz ini juga menjadi penerjemah Arab-Indonesia. Beberapa buku yang telah berhasil diterjemahkan yaitu

  • Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga dengan judul asli Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut diterbitkan pada tahun 2008 oleh Pustaka Al Kautsar.
  • 101 Kisah Orang-orang yang Dikabulkan Doanya dengan judul asli 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a, Majdi Fathi As-Sayyid, diterbitkan pada tahun 2004 oleh penerbit Pustaka Azzam.
  • 55 Nasihat Perkawinan untuk Perempuan dengan judul asli 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj
  • Indahnya Seks Setelah Menikah dengan judul asli Syahr al-‘asal bi la khajal
  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan dengan judul asli Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, yang diterbitkan pada tahun 2004

Ustadz Abdul Somad di Youtube


Ustadz Abdul Somad di Youtube

Kini Ustadz Abdul Somad aktif dalam memberikan ceramah agama islam di berbagai pelosok di wilayah Indonesia. Dimulai dari memberikan dakwah agama melalui kanal Youtube nama Ustad Abdul Somad semakin dikenal di masyarakat setelah video-video ceramahnya menjadi viral di internet.

Ceramah atau isi dakwahnya menegnai agama islam sangat berbobot sesuai dengan kapasitas dirinya sebagai seorang ulama, da’i sekaligus dosen agama islam.

Pertanyaan dari para jamaahnya ia jawab berdasarkan sesuai pandangan-pandangan imam mazhab dan mudah dimengerti.  Sosoknya yang cerdas dan gayanya yang sederhana membuat Ustad Abdul Somad banyak disukai oleh jamaah atau masyarat sehingga ia banyak menerima undangan untuk ceramah.

Ustad Abdul Somad juga banyak menerjemahkan buku-buku dari Timur Tengah yang memuat mengenai permasalahan seputar rumah tangga dalam islam dan permasalah lain dalam agama islam.

Beliau juga sudah menulis tiga buah buku yang berjudul 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat dan buku berjudul 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.

Kesimpulan

Ustadz Abdul Somad hari ini menjadi ustadz sejuta ummat, menggantikan KH. Zainuddin MZ almarhum. Kepiawaiannya memecahkan masalah dalam berbagai prespektif, sehingga tidak menimbulkan kebingungan di kalangan ummat, menjadi ciri khas beliau. Setiap perkataannya selalu didasarkan pada sebuah keilmuan, perkataan ulama, teks dari buku-buku babon, dll. Maka apa yang beliau katakan adalah ilmiah. Sungguh, Ustadz Abdul Somad menjelma sebagai anugerah Tuhan untuk bumi Indonesia. Semoga beliau senantiasa diberikan kesehatan untuk terus bedakwah.


Referensi :
https://tibuku.com/biografi-ustadz-abdul-somad/
https://www.biografiku.com/profil-dan-biografi-ustadz-abdul-somad-beserta-biodata/#Ustadz_Abdul_Somad_di_Youtube
Share This Article :
Irfanan

Tujuan hidupku? Mendapatkan Ridho Allah dan orangtua. Mohon maaf mohon do'a selalu...

TAMBAHKAN KOMENTAR

7441261847952770074