Dapatkan diskon: Template 50% hanya bulan ini! Beli sekarang! Harga diskon Template: 50% hanya bulan ini!

Tips Wajib! Cara Agar Lebih Suka Baca Buku

Cara agar lebih suka Baca Buku - Hello sobat janganbingung! Kata guru SD dulu, buku adalah jendela dunia, yap memang benar. Dengan membaca buku wawasan kita akan terus bertambah. Entah itu buku pelajaran, motivasi, novel atau buku lainnya.

Selain mendapatkan wawasan lebih ketika kita rutin membaca buku, sudut pandangpun akan beragam ketika menghadapi suatu masalah. Kita akan lebih luas dalam berfikir, kenapa? Karena disetiap buku yang kita baca pasti ada hikmah yang bisa kita ambil. dan terkadang itu menjadi sebuah jalan solusi pada suatu permasalahan yang dihadapi.

Lalu apa masalahnya? Bagiku membaca dan menulis adalah hal yang sangat menyenangkan, bahkan tak ada kata "menunggu" ketika sedang memegang buku. Tapi nyatanya kebanyakan orang di Indonesia, atau teman-teman saya sangat malas untuk membaca buku.

Nah, bagi kamu yang males baca buku dan ingin meningkatkan kesukaan dalam membaca buku bisa ikuti tips-tips di bawah ini. Membaca buku tidak ada ruginya kok.

Tips Wajib! Cara Agar Lebih Suka Baca Buku

Ada banyak tips untuk meningkatkan kesukaan kita dalam membaca buku, pertama ada tips dari janganbingung.com untuk meningkatkan rasa sukamu dalam membaca.

Sisihkan waktu untuk membaca

Tips yang satu ini memang sangat umum, tapi benar, dengan meluangkan waktu dalam sehari untuk membaca buku akan menjadikan kamu lebih suka membaca. Yah sisihkan saja disetiap jam istirahat, menjelang tidur, atau diwaktu yang biasa untuk bermain sosmed.

Minta rekomendasi buku dari teman

Dengan meminta rekomendasi buku dari teman yang suka membaca, kamu akan lebih semangat lagi karena sudah sedikit disinggung mengenai hikmah yang ada pada buku tersebut.

Gabung di grup komunitas suka membaca

Entah dari Whatsapp, facebook, telegram atau dunia nyata, gabunglah. Di sini akan dapat banyak informasi, motivasi dan rekomendasi buku yang menarik.

Santailah ketika membaca

Dalam membaca buku pastikan kamu dalam suasana yang santai, tidak terburu-buru. Bila perlu sandingkan kopi atau teh. Dengan rasa yang demikian akan menjadikan untaian kata di buku yang dibaca akan lebih meresap ke hati.

Selain tips di atas, ada tips keren dari mba Najwa untuk memupuk kesukaanmu dalam membaca nih.

Tips agar suka membaca buku dari Najwa Shihab


  • Mulai membiasakan diri untuk membaca

Kebiasaan membaca dapat dimulai dari sesuatu yang kecil. Mulai membiasakan diri untuk membaca setiap hari adalah salah satunya.

Tidak perlu langsung membaca sebuah buku. Minat baca ini dapat dimulai dengan membaca beberapa lembar atau halaman buku dalam sehari.

Pilihlah buku-buku yang isinya kamu sukai. Dengan begitu, ada ketertarikan dalam diri kamu untuk menyelesaikan membaca buku itu, meskipun mungkin akan membutuhkan waktu sampai berhari-hari.

Untuk para orangtua, Najwa mengajak kamu untuk setiap hari membacakan dongeng atau cerita kepada anak-anak yang belum bisa membaca. Kebiasaan membaca orangtua ini dapat menumbuhkan minat baca dalam diri anak-anak.

  • Meluangkan waktu untuk pergi ke toko buku

Najwa mengatakan bahwa dirinya sangat beruntung memiliki orangtua yang gemar membaca.
Setiap hari dia melihat jejeran buku yang tersimpan rapi di rak-rak buku yang memenuhi dinding rumahnya. Tidak hanya itu, sejak kecil Najwa selalu diajak untuk berjalan-jalan ke toko buku oleh ayahnya.

Menurut Najwa, hanya perlu satu buku untuk bisa menumbuhkan minat membaca. Dengan sering meluangkan waktu untuk berjalan-jalan ke toko buku dapat membuat kamu sering melihat-lihat buku-buku yang terpampang di sana.

Dari sekian banyak judul buku yang ada di toko buku itu, pasti ada satu atau dua yang bisa menarik perhatian kamu.

Jika sudah tertarik dengan salah satu judul buku, maka kamu akan tertarik juga untuk melihat seperti apa isi buku itu sebenarnya.

Pada saat inilah sebetulnya minat membaca sudah tumbuh dalam diri kamu. Tinggal memupuknya dengan membeli buku itu dan meluangkan waktu untuk membacanya sampai selesai.

Sedikit tips dari saya, dengan teknologi yang ada saat ini ada media sosial, manfaatkan itu. Yang menurut saya rekomendasi adalah Instagram, di sini banyak akun yang menjual dan mereview daftar buku-buku menarik, berikut adalah sedikit akun yang bisa kamu follow

  • @zobuku
  • @bukupreneur.id
  • @businessbooksummary
  • @bukukitacom
  • @bukumata

dan sebagainya.

  • Menonaktifkan media sosial yang tidak berguna

Tidak bisa dipungkiri, minat baca yang sudah sedikit di kalangan masyarakat Indonesia semakin terkikis dengan kehadiran gadget dan media sosial.

Semakin banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain gadget dan lebih sibuk dengan akun media sosialnya masing-masing.

Untuk itu, Najwa mengajak untuk sejenak menonaktifkan media sosial dan menggantinya dengan membaca buku. Jika hal ini dilakukan setiap hari, tentu membaca akan menjadi kebiasaan.

Memang tidak mudah untuk menumbuhkan minat membaca. Oleh karena itu, Najwa memiliki pesan atau yang sangat menarik:

“Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Carilah buku itu. Mari jatuh cinta.”

Kesimpulan

Membaca itu buanyak banget manfaatnya, untuk kehidupan kita secara tidak sadar ada manfaatnya. Apalagi jika kita membaca tentang jalan kesuksesan seseorang, kita dapat belajar dari permasalahan yang dihadapi tokoh tersebut, juga penyelesaiannya. Jangan tunda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe now

Signup now to my exclusive newsletter