Update : Channel Art YouTube Cover PSD FreeCheck Now! Harga diskon Template: 50% hanya bulan ini!

Labels

Daftar Nama Bayi Perempuan Islami beserta artinya (A sampai Z) - Responsive Blogger Template

Daftar Nama Bayi Perempuan Islami beserta artinya (A sampai Z)

Daftar Nama Bayi Perempuan Islami beserta artinya - Tidak diragukan lagi bahwa masalah memberi nama ini termasuk masalah yang penting dalam kehidupan manusia; karena nama itu menjadi tanda dan bukti bagi yang punya nama tersebut, juga menjadi hal yang mendesak agar saling bisa memahami antar sesama, dari dan untuknya.

Nama menjadi hiasan bagi pemiliknya, manjadi wadah, syiar dan julukan baginya, baik di dunia maupun di akhirat. Sebuah kebanggaan terhadap agama, agar merasa bahwa dia termasuk bagian dari pemeluk agama Islam ini.

Nama menurut kebiasaan manusia mempunyai gambaran dan petunjuknya, bagi mereka nama laksana pakaian, jika terlalu pendek dianggap tidak baik dan jika terlalu panjang dianggap tidak baik juga.
Daftar Nama Bayi Perempuan Islami beserta artinya (A sampai Z)
Hukum asal dari sebuah nama adalah mubah dan boleh, hanya saja ada beberapa rambu-rambu syar’i yang sebaiknya dihindari pada saat memilih nama, di antaranya adalah:
#1. Jika mengandung penghambaan kepada selain Allah –‘Azza wa Jalla-, baik penghambaan kepada Nabi yang diutus atau malaikat yang dekat dengan Allah. Maka tidak dibolehkan sama sekali menghamba kepada selain Allah.

Dan di antara nama-nama yang bermakna penghambaan kepada selain Allah adalah Abdur Rasul, Abdun Nabi, Abdul Amir, dan nama-nama lainnya yang mempunyai arti penghambaan atau kehinaan kepada selain Allah –‘Azza wa Jalla-.

Bagi pemilik nama-nama tersebut dan orang yang akan memberi nama bagi anggota keluarganya dengan nama-nama tersebut wajib dirubah. Seorang sahabat Nabi yang mulia Abdurrahman bin ‘Auf –radhiyallahu ‘anhu- berkata: “Dulu nama saya adalah Abdu ‘Amr –menurut riwayat lainnya- Abdul Ka’bah, setelah saya masuk Islam Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- merubah nama saya dengan Abdurrahman”. (HR. Hakim; 3/306 dan setujui oleh Imam Dzahabi)

2. Memberi nama dengan salah satu Nama-nama Allah –Tabaraka wa Ta’ala- yang bermakna khusus hanya untuk-Nya, seperti; Nama Al Khalik (Maha Pencipta), Ar Raziq (Maha Permberi Rizeki), Ar Rabb (Maha Pemelihara), Ar Rahman (Maha Pengasih) atau yang serupa dengannya.

Atau dengan Nama-nama yang tidak pantas untuk disandang oleh selain Allah, seperti Malikul Muluk (Raja diraja), Al Qahir (Maha Berkuasa) Dan lain sebagainya. Nama-nama seperti itu haram hukumnya untuk penamaan seorang anak, dan kalau ada wajib dirubah. Allah –‘Azza wa Jalla- berfirman:

هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً (مريم: 65)

“Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?”. (QS. Maryam: 65)

3. Memberi nama dengan nama-nama orang kafir yang dijadikan identitas mereka secara khusus, seperti; Abdul Masih, Batris, Jarjas, dan nama-nama lainnya yang menunjukkan kepada agama non Islam.

4. Memberi nama dengan nama-nama patung atau dengan nama para thagut (para tokoh yang melampaui batas) dan disembah selain Allah, seperti penamaan dengan syetan atau yang serupa dengannya

Semua nama-nama di atas tidak boleh bahkan haram hukumnya, maka barang siapa yang dirinya mempunyai nama-nama di atas dan telah menamakan orang lain dengan nama-nama di atas, maka harus merubahnya.

5. Makruh hukumnya member nama dengan nama-nama yang artinya menjadikan orang lain menjauh, bisa jadi karena mengandung arti yang buruk atau berpotensi untuk menjadi bahan olokan, di samping juga hal itu menyimpang dari petunjuk  Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- yang memerintahkan untuk memberi nama dengan nama-nama yang baik, seperti; nama Harb (perang), Rasysyasy (percikan darah), Hiyam (nama penyakit onta), dan nama lain diantara nama-nama yang mangandung arti buruk dan tidak baik.

6. Makruh hukumnya memberi nama dengan nama-nama yang mengandung lembek atau mengundang syahwat. Hal ini banyak untuk penamaan anak perempuan, seperti halnya beberapa nama yang mempunyai sifat s*ksual dan mengundang syahwat.

7.      Makruh hukumnya member nama dengan nama-nama orang fasik seperti para penyanyi laki-laki dan atau para penyanyi perempuan, para artis laki-laki atau perempuan, dan nama lainnya.

Namun demikian jika nama-nama mereka mengandung makna yang baik, maka dibolehkan untuk menamakan diri dengannya tapi karena mengandung makna yang baik tersebut, bukan untuk menyerupai mereka atau mengikuti jejak langkah mereka.

8.      Makruh hukumnya memberi nama dengan nama-nama yang mengandung makna dosa dan maksiat, seperti; Sariq (pencuri), Zhalim (orang zhalim), atau memberi nama dengan nama-nama para Fir’aun dan para pelaku maksiat, seperti; nama Fira’un, Haman dan Qarun.

9.      Makruh hukumnya memberi nama dengan nama-nama hewan yang dikenal dengan sifat yang tercela, seperti; himar (keledai), Kalb (anjing), Qird (kera) dan lain sebagainya.

10.  Makruh hukumnya memberi nama dengan nama-nama yang disandarkan kepada agama dan kepada Islam, seperti; Nuruddin (cahaya agama), Syamsuddin (matahari agama), demikian halnya dengan Nurul Islam (cahaya Islam), Syamsul Islam (matahari Islam); karena mengandung pemberian sesuatu kepada pemilik nama di atas hak yang seharusnya.

Para ulama salaf mereka tidak menyukai pemberian julukan kepada mereka dengan gelar-gelar tersebut. Imam Nawawi –rahimahullah- tidak menyukai julukan dirinya dengan Muhyiddin (yang menghidupkan agama), demikian juga Syeikh Islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah- beliau  tidak menyukai beliau dijuluki dengan Taqiyuddin (orang yang bertakwa dalam agama) dengan mengakatakan: “…hanya saja keluargaku menjulukiku dengan julukan tersebut, lalu menjadi tersebar kemana-mana”.

11.  Makruh hukumnya memberi nama dengan nama-nama yang disandarkan kepada Nama Allah -‘Azza wa Jalla- selain Abdullah (hamba Allah), seperti; Hasbullah (Cukuplah dengan Allah), Rahmatullah (rahmat Allah) dan lain sebagainya, demikian juga nama-nama yang disandarkan kepada Rasulullah.

12. Makruh hukumnya memberi nama dengan nama-nama malaikat, demikian juga dengan nama-nama surat di dalam Al Qur’an, sepeti; Thaha, Yasiin dan lain sebagainya.

Nama-nama ini termsuk huruf-huruf pembuka surat dan bukan termasuk nama-nama Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Baca; Tuhfatul Maudud karya Ibnu Qayyim –rahimahullah- hal. 109 .

Makruhnya pemberian nama dengan nama-nama di atas jika dilakukan sejak awal ia akan memberikan nama, adapun jika keluarganya telah memberikan nama tertentu dan sudah menjadi dewasa dan sudah sulit untuk dirubah maka tidak diwajibkan untuk dirubah.

Nama Mempunyai Empat urutan:

Urutan Pertama:
Dua nama Abdullah dan Abdurrahman, hal ini berdasarkan hadits Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- yang shahih bahwa beliau bersabda:

أحب الأسماء إلى الله عبد الله وعبد الرحمن ) رواه مسلم في صحيحه 1398 .(

“Nama-nama yang paling dicintai oleh Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman”. (HR. Muslim dalam kitab Shahihnya: 1398)

Urutan Kedua:
Semua nama yang menghamba kepada Allah –‘Azza wa Jalla-, seperti: Abdul Aziz, Abdurrahim, Abdul Malik, Abdul Ilah, Abdussalam dan lain sebagainya.

Urutan Ketiga:
Nama-nama para Nabi dan Rasul –‘alaihimus shalatu was salam-, dan tidak diragukan lagi bahwa sebaik-baik nama di antara mereka adalah sayyid para Nabi adalah Nabi kita Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, dan di antara nama-nama beliau adalah Ahmad, kemudian baru para Nabi Ulum Azmi, mereka adalah Ibrahim, Musa, Isa dan Nuh –‘alaihis shalatu wa salam- kemudian baru semua para Nabi dan Rasul –‘alaihimus shalatu was salam- lainnya.

Urutan Keempat:
Nama-nama para hamba Allah yang sholeh, yang lebih utama dari mereka adalah para sahabat Nabi kita yang mulia, maka disunnahkan memberi nama dengan nama-nama mereka yang baik; agar terdorong untuk mentauladani mereka dan meminta diangkat derajatnya.

Urutan Kelima:
Semua nama-nama yang baik dan yang mempunyai arti yang benar dan bagus.

Sumber : https://islamqa.info/id/answers/7180/adab-adab-memberi-nama-anak

Nah di bawah ini adalah daftar nama bayi perempuan yang bisa kita jadikan referensi yang bersumber dari https://id.theasianparent.com

Daftar Nama Bayi Perempuan Islami beserta artinya (A sampai Z)

Nama anak perempuan Islami Abjad A
Abidah: Orang yang rajin beribadah
Adiba: Berbudaya, sopan, terpelajar
Adila: Orang yang lurus, keadilan
Afia: Sehat
Afifah: Yang menjaga kesucian diri
Afrin: Ramah, berani
Afsana: Cerita
Afshin: Bersinar seperti bintang
Afra: Salju
Aidah: Anugrah
Aisha: Nama istri Nabi
Akifah: Terpilih
Aliyah: Mengagungkan
Alia: Mulia
Alimah: Penuntut Ilmu
Aminah: Terpercaya
Amirah: Yang berlimpah
Aara: Manis
Asia: Harapan
Alina: Sutra dari surga
Aliza: Gembira
Alishba: Cantik
Amalia: Aspirasi
Amani: Harapan, keinginan
Amelia: Terperaya, cantik
Aminah: Orang yang jujur, terpercaya
Amna: Damai, perdamaian
Anum: Hadiah dari tuhan
Arfa: Kejayaan
Arisha: Yang mulia
Arwaa: Pemandangan yang menawan
Ashiyah: Nama wanita yang taat istri Fir’aun
Asma: Paling tinggi, unggul
Atifa: Kasih sayang, simpatik
Atiya: Hadiah
Ayesha: Baik
Azizah: Terhormat, berharga, disayangi
Azka: Paling suci, terhormat
nama bayi perempuan islami

Nama anak perempuan Islami Abjad B
Badia: Unik, belum pernah terjadi sebelumnya
Badra: Bulan purnama
Badriyah: Seperti bulan purnama
Baha: Nilai, layak
Bahira: Brillian, pintar
Balqis: Ratu negri Saba
Barihah: Cahaya terang benderang
Basimah: Tersenyum
Batinah: Tersembunyi, di dalam
Benazir: Unik
Bina: Membangun, membentuk
Bushra: Kabar gembira, senang, baik

Nama anak perempuan Islami Abjad C
Cala: Benteng, kastil
Cali: Paling cantik
Ciji: Imut
Cyra: Bulan
Chaka: Pusat energi dan kehidupan
Chana: Kesayangan
Choti: Kecil
Ciara: Terang dan bersih
Chessy: Penuh kedamaian
Chakira: Bersyukur
Clemira: Putri yang cemerlang
Chandani: Sinar rembulan
Cantara: Jembatan kecil
Camilla: Termashyur, relijius

Nama bayi perempuan Islam Abjad D-E
Daniyah: Dekat
Diinah: Taat
Dina: Cinta
Durah: Mutiara
Eliza: Unik, berharga
Erina: Wanita cantik
Eshal: Nama bunga di surga

Nama bayi perempuan Islam Abjad F
Fadhila: Keutamaan, keunggulan
Fadiyah: Yang terlindung
Fadwah: Pengorbanan diri
Fahima: Cerdas, orang yang faham
Faiha: Beraroma surgawi
Fairuz: Batu permata biru kehijauan
Faizah: Yang beruntung, sukses
Fajrina: Dini hari, fajar
Fakihah: Buah-buahan
Fakhra: Baik
Farah: Kegembiraan, yang menggembirakan
Farhah: Kegembiraan, yang menggembirakan
Farhin: Bergembira
Farida: Mutiara yang tiada bandingnya
Fathinah: Cerdas, pintar
Fathiyah: Memiliki sifat kemenangan
Fauziyah: Beruntung
Fida: Pengorbanan
Firdaus: Surga yang tertinggi
Fiza: Angin

Nama anak perempuan Islam Abjad G
Ghaada: Wanita yang lembut
Ghaitsaa: Awan yang menurunkan hujan
Ghazala: Cerdas, menawan
Ghaziyah: Pejuang
Ghania: Indah nan cantik
Ghaniyah: Yang kaya
Ghayda: Muda dan halus

Nama anak perempuan Islam Abjad H
Hafizhah: Pemelihara, penjaga
Haifa: Ramping, indah tubuhnya
Halimah: Penyabar, lembut
Hamra: Berwarna merah
Hana: Kegembiraan
Haniyah: Lemah lembut, gembira
Hasna: Cantik, elok, cukup
Haura: Wanita berkulit putih bermata hitam
Hawa: Wanita pertama, istri nabi Adam a.s.
Haya: Bagus lahiriyahnya, malu yang baik
Hazimah: Yang memiliki keteguhan hati
Hifza: Malaikat pelindung
Humaira: Yang kemerah-merahan pipinya

Nama bayi perempuan IslamiAbjad I
Iffah: Kehormatan, kesucian
Imani: Bersifat keimanan
Inas: Baik hati
Inayah: Pertolongan, perhatian
Insha: Penciptaan
Ishmah: Pemeliharaan
Isya: Kehidupan, waktu isya
Izdihar: Kesuksesan, berkembang, mekar
Izzah: Kehormatan, kejayaan

Nama bayi perempuan IslamiAbjad J
Jahan: Tanah, perhiasan dunia
Jahida: Membantu yang lemah
Jamia: Cantik nan indah
Jamilah: Cantik dan anggun
Jana: Nama buah di surga
Janan: Hati, jiwa
Jannat: Surga
Jasmin: Bunga melati
Jauharah: Mutiara, perhiasan
Jauza: Bintang
Jihan: Bunga yang indah, tempat surgawi

Nama anak perempuan Islami Abjad K
Kali: Kelopak bunga
Kadra: Hijau
Kamalia: Kesempurnaan
Kamilah: Yang sempurna
Kanza: Kekayaan tersembunyi
Karima: Berharga, sempurna
Khalida: Abadi
Khairiyah: Yang memiliki sifat baik
Khansa: Yang berhidung mancung, wanita baik
Khazanah: Harta yang disimpan

Nama bayi perempuan IslamiAbjad M
Madia: Terpuji
Madiha: Terpuji
Mahdiya: Dibimbing secara benar olehNya
Mahnoor: Sinar bulan
Maida: Indah nan cantik
Maira: Bulan
Maisa: Tubuh yang serasi
Maisha: Cukup
Malaika: Bidadari
Maliha: Cantik
Mariya: Wajah yang berseri-seri, kemurnian
Malika: Ratu
Maya: Putri
Mina: Cahaya
Misha: Manis dan cantik
Mufida: Yang bermanfaat

Nama bayi perempuan Islam Abjad N-Q
Naba: Berita baik
Nabiha: Jujur
Nabila: Terhormat
Nada: Embun
Nadia: Berharap
Nadira: Berharga
Nafisah: Berharga, diminati
Nailah: Karunia
Najla: Bermata hitam nan indah
Najwa: Bisikan, rahasia
Nimra: Lembut
Nuha: Pikiran
Nura: Cahaya
Parinda: Burung
Parveen: Sangat mulia
Qari: Pembaca
Qanita: Taat

Nama anak perempuan Islam Abjad R
Radhiyah: Yang rela
Raniyah: Yang terpukau
Rafi’ah: Tinggi
Rafidah: Yang diberi pertolongan
Rafiqah: Pendamping
Raida: Angin semilir
Raihana: Berjiwa baik
Raima: Kebahagiaan
Raina: Ratu damai
Ranaa: Indah, enak dilihat
Rania: Ratu
Rashida: Cerdas
Raudhah: Taman yang rindang
Rayya: Cahaya
Rifaat: Ketinggian
Rifqah: Perkumpulan
Rona: Cahaya pagi

Nama bayi perempuan IslamiAbjad S
Sa’diyyyah: Bersifat senang
Safa: Kejelasan, kemurnian pikiran, ketenangan
Safiyya: Teman yang baik
Saida: Sangat cantik, baik hati
Saidah: Suka cita, beruntung
Saira: Senang
Sajidah: Yang bersujud
Sakinah: Ketenangan pikiran karena Allah
Sarah: Istri Nabi Ibrahim AS
Salma: Selamat
Salsabila: Nama mata air di surga
Salwa: Madu
Sausan: Nama bunga yang harum
Selina: Bulan, asin
Shafiyyah: Jernih, murni
Shaima: Baik hati
Shahnaz: Pengantin
Shakila: Cukup
Shalimar: Indah dan kuat
Sonia: Cukup, sangat indah
Sophia: Kebijaksanaan
Soraya: Indah nan cantik
Suhaa: Bintang kecil yang berkerlip
Syafiqah: Yang bersimpati, lemah lembut
Syahlaa: Bermata kebiru-biruan
Nama bayi perempuan Islami

Nama bayi perempuan Islam Abjad T-U
Taima: Padang sahara
Tala: Bintang, pohon palem kecil
Tara: Bintang
Thana: Syukur, pujian
Thara: Kekayaan
Tharifah: Jarang ada
Tsurayaa: Bintang, gugusan bintang
Tamara: Pohon palem
Tisha: Hidup
Tsamara: Buah
Umamah: Nama diri
Ulfa: Keramahtamahan
Uzma: Paling besar

Nama bayi perempuan IslamiAbjad W-Y
Wafaa: Yang setia
Wania: Karunia Allah Swt
Warda: Penjaga
Wardah: Mawar
Widad: Cinta, persahabatan
Yamina: Benar, tepat
Yasmin: Melati
Yasmina: Bunga melati, indah bersinar
Yasna: Mawar putih
Yelda: Malam yang gelap
Yumna: Keberuntungan, sukses
Yusra: Makmur

Nama anak perempuan Islam Abjad Z
Zaahidah: Wanita yang zuhud
Zaahirah: Berkilauan
Zaakiyah: Baik, tumbuh
Zaara: Bunga yang indah
Zahra: Berseri, bercahaya
Zahida: Yang berpuasa
Zahira: Bunga yang mekar
Zaina: Indah nan cantik
Zakia: Indah, pintar
Zakiyah: Cerdas
Zakiyyah: Baik, terpuji
Zara: Terang seperti fajar
Zarina: Indah nan cantik
Zarmina: Indah dan emas mulia
Zeba: Kecantikan
Zenia: Bunga
Zoya: Mencintai dan peduli, hidup dan gembira
Zulfa: Bagian pertama dari malam
Zulfah: Kedekatan

Itu dia sobat jangan bingung. semoga nama-nama yang kita buat untuk anak kita, menjadi anak yang sholehah dicintai Allah dan Rasulullah. aamiin
Tags


Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe now

Signup now to my exclusive newsletter